japostei.com

10 Buah Unik Hasil Persilangan. Nomor 3 Indonesia Punya!

Mangga avocado via Twitter/mirota_kampus

Sekitar Dunia Unik – Semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi menciptakan sebagian orang untuk melaksanakan penemuan di banyak sekali bidang. Bahkan buah-buahan pun tidak luput dari hasil penemuan yang terkadang bisa dibilang nyeleneh. Bagaimana tidak. Buah-buahan dikombinasikan dari dua tanaman berlainan jenis atau lebih dengan cara penyilangan.


Jenis buah-buahan pun ketika ini tidak hanya diproses secara alami, melainkan bisa melalui serangkaian proses rekayasa atau biasa disebut hibrida. Hibrida merupakan sebuah istilah yang mengarah pada generasi dari hasil persilangan antara dua atau lebih jenis tanaman yang berbeda. 

Penasaran mirip apa hasil penyilangan buah tersebut? Berikut ulasannya mirip dikutip dari hipwee.com :

1. Bagaimana rasanya bila dua buah apel berbeda rasa disilangkan? Rasanya mirip minuman bersoda. Varietas yang dinamakan Paradis Sparkling ini kali pertama ditemukan oleh para jago dari pembibitan buah di Lubera, Swiss yang telah berhasil melaksanakan persilangan apel resi dan apel pirouette dari Inggris.

Buah Paradis Sparkling via kiosdomino.com

2. Buah hasil penyilangan berikutnya berasal dari tiga buah yang berbeda, yakni semangka, mentimun dan jeruk nipis. Buah yang ditanam di dalam pot ini berasal dari Meksiko dan bisa bertahan dari serangan hama dan tanah kering.

Buah cucamelon via underwoodgardens.com

3. Ternyata Indonesia pernah melaksanakan persilangan dari tiga jenis mangga, yakni mangga arum manis, mangga gadung dan Jawa. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementrian Pertanian (Kementan) kali pertama melaksanakan persilangan di Kebun Percobaan Cukur Gondang, Pasuruan, Jawa Timur, pada awal November ini.

Buah mangga avocado via Twitter/mirota_kampus

4. Rasa unik yang dihasilkan antara lemon dan mawar ini dinamakan Lemato, merupakan adonan antara lemon dan tomat, juga mempunyai aroma antara geranium dan serai.

Buah lemato via hipwee.com

5. Hmmm, yang ini cukup nikmat loh. Buah bervitamin tinggi, kiwi disilangkan dengan buah beri dan menghasilkan buah kiwi dengan kulit yang tidak berbulu dan berukuran kecil. Layaknya buah jenis beri lainnya, Kiwi Berries ini mempunyai ukuran yang lebih kecil sehingga lebih gampang untuk dikonsumsi.

Buah kiwi berries via hipwee.com

6. Todd Snyder of C&O Nursery menyuntikkan perisa anggur ke dalam buah apel biar menghasilkan sensasi rasa yang berbeda. Buah yang diberi nama Grapple ini mempunyai bentuk yang mirip buah apel Fuji dengan warna kulit agak merah kekuning-kuningan.

Buah grapple via hipwee.com

7. Kali ini buah mangga lagi yang disilangkan dengan plum, disebut Plango. Buah ini dikembangkan di Thailand dan mempunyai rasa yang mirip dengan mangga akan tetapi kulitnya sanggup dimakan.

Buah plango via hipwee.com

8. Buah jeruk berbentuk agak nyeleneh ini disilangkan antara tiga buah jenis jeruk, yakni pomelo, tangerine dan jeruk. Tapi rasanya bagus dan tetap ada asam sedikit khas jeruk. Namanya buah ugli alasannya yakni bentuknya yang agak buruk (ugly).

Buah ugli via friendsfoodfamily.com

9. Seorang Gregori G. Hambali dari Margianasari berhasil melaksanakan persilangan antara dua jenis buah dalam varian yang sama, yakni buah nangka dan cempedak. Buah yang rasanya justru lebih bagus dari keduanya ini dinamakan Nangkadak.

Buah nangkadak via hipwee.com

10. Buah anggur unik berwarna hijau ini dinamakan Cotton Candy Grapes, merupakan hasil persilangan varietas tanaman anggur yang dijamin 100 persen alami. Rasanya bagus mirip gula kapas.

Buah cotton candy grapes via spoonuniversity.com

Meskipun buah-buah unik tersebut tidak diperjualbelikan, akan tetapi buah unik hasil persilangan ini pernah ada. Demikian artikel tentang 10 buah hasil persilangan yang unik. Semoga sanggup menambah wawasan kita seputar buah-buahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *