japostei.com

Cara Cegah Radang Tenggorokan saat Cuaca Panas

Tenggorokan bagian tubuh yang penting agar Anda bisa bernapas dengan baik tanpa adanya rasa sakit. bagian ini bisa mengalami masalah yang disebut dengan radang tenggorokan. Cuaca yang panas bisa menjadi faktor penyebab terjadinya polusi udara yang berbahaya bagi tenggorokan. Berikut cara agar tidak terjadi masalah kesehatan ini saat cuaca sedang panas.

  1. Penuhi Cairan Tubuh

Saat cuaca panas Anda lebih berisiko mengalami dehidrasi. Jadi atasilah hal ini dengan memperbanyak minum air putih saat cuaca sedang panas. Ini menjadi cara agar cairan di dalam tubuh bisa terpenuhi. Jika tidak terpenuhi bisa membuat air liur dan lendir tidak diproduksi sesuai kebutuhan untuk menjaga kelembapan tenggorokan.

Akibatnya nanti akan terjadi pembengkakan kemudian meradang. Selain itu lengkapi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan mengonsumsi buah dan sayur, Usahakan yang mengandung vitamin C. Cara ini akan mampu melawan bakteri yang bisa menyebabkan radang.

  1. Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Cara berikutnya untuk mencegah terjadinya radang pada tenggorokan dengan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang virus. Anda bisa menjaganya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Entah itu sayuran ataupun buah-buahan, Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera dan ketersediaannya.

  1. Mandi Air Hangat

Anda bisa mencegah terjadinya radang tenggorokan saat cuaca panas dengan mandi air hangat. Udara yang lembap saat mandi air hangat bisa membantu mencegah terjadinya radang dan mengurangi pembengkakan jika sudah terjadi. Bisa juga dengan cara menghirup uap air hangat yang keluar dari mangkuk untuk membuat tenggorokan menjadi lebih segar.

  1. Antibiotik

Cara lainnya mencegah radang yang terjadi pada tenggorokan dengan menggunakan antibiotik. Anda bisa mendapatkannya dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan yang dilakukan nantinya adalah pemeriksaan fisik di sekitar telinga dan tenggorokan.

Dokter yang ahli akan melihat kondisi tenggorokan Anda sudah terinfeksi kuman dan bakteri atau belum. Antibiotik ini akan menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil tanpa adanya masalah. Anda tinggal mengonsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran dari dokter.

  1. Tes Darah

Anda juga bisa mencegah terjadinya radang dengan melakukan tes darah jika kondisi tubuh atau tenggorokan mulai dirasa tidak enak. Tes darah akan memberitahu Anda secara detail penyebab terjadinya radang atau faktor risikonya. Hanya saja biaya tes darah tentu jauh lebih mahal dari pada pemeriksaan biaya. Resep obat yang akan diberikan pun akan berbeda sesuai pemeriksaan.

Radang tenggorokan bisa dialami siapa saja tanpa terkecuali jika sudah terpapar oleh bakteri dan kumannya. Anda harus menjaga kondisi kebersihan lingkungan sekitar. Jika cuaca panas dan berdebu gunakanlah masker agar tidak langsung menghirup udara yang kotor. Selain itu, Anda bisa rutin minum air hangat setiap harinya agar tenggorokan terasa segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *