japostei.com

Penjelasan Lengkap tentang Baja Ringan sebagai Bahan Atap Rumah Paling Kuat

Baja ringan merupakan salah satu jenis bahan yang kini kerap digunakan sebagai atap bangunan, salah satunya rumah. Ketika akan membangun sebuah rumah sendiri, tentu Anda harus memilih jenis bahan terbaik agar memperoleh jaminan kekuatan terbaik pula. Meskipun baru di Indonesia, kini baja ringan menjadi salah satu jenis bahan atap yang menjadi favorit di kalangan masyarakat.

Dengan kualitas terbaik, tentunya harga baja ringan serta biaya pemasangannya juga lebih besar. Hal ini tentunya sebanding dengan kualitas yang diberikan dari baja ringan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang lengkap berkaitan dengan baja ringan sebagai atap rumah. Ingin tahu penjelasan lengkap tersebut? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Kelebihan Baja Ringan

Sebelum membeli dan menggunakan, alangkah baiknya Anda mengenal kelebihan baja ringan untuk atap terlebih dahulu. Dengan mengenal kelebihannya, Anda akan semakin mudah mengeluarkan uang mulai dari membeli sampai biaya baja ringan untuk proses pemasangan. Kelebihan baja ringan dibanding genteng adalah sebagai berikut :

  • Baja ringan lebih kuat, terbukti tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrem
  • Baja ringan dilapisi oleh cat berwarna yang dapat menampilkan nilai keindahan
  • Baja ringan memiliki motif yang dapat dipilih sesuai tema rumah
  • Perawatan baja ringan sangat murah dan mudah dilakukan
  • Harga pembelian serta biaya pemasangan baja ringan sangat terjangkau sehingga dapat digunakan oleh semua kalangan
  • Baja ringan bagus untuk lingkungan karena dapat di daur ulang

Harga Baja Ringan

Dalam memilih bahan dasar sebagai atap rumah, tentunya Anda harus memilih baja ringan yang sesuai. Dimulai dari jenis, ketebalan, serta harga baja ringan juga menjadi salah satu aspek yang harus dipikirkan. Anda dapat memilih kriteria sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Berikut jenis baja ringan beserta harganya.

  1. Jenis baja ringan

Jenis baja ringan terdiri dari dua ketebalan, yaitu 0,40 mm dan 0, 45 mm. Keduanya memiliki keunggulan yang sama namun memiliki harga yang berbeda. Harga baja ringan berukuran 0, 40 mm dihargai Rp. 40.000 per satuan. Sedangkan harga baja ringan berukuran 0, 45 mm yaitu Rp. 45.000.

  1. Jenis baja ringan C75

Jenis baja ringan C75 yang dijual ini memiliki beberapa jenis ketebalan. Dimulai dari 0,55 mm sampai 1,00 mm. Harga baja ringan juga bervariasi, Anda dapat memilih tingkat ketebalan yang disesuaikan dengan harga pula. Dimulai dari Rp. 65.000 sampai Rp. 100.000 Anda sudah dapat memperoleh jenis baja ringan C75 untuk atap rumah terbaik.

Fungsi Baja Ringan

Tidak hanya sebagai atap rumah, baja ringan juga dapat digunakan oleh berbagai penggunaan di dalam rumah. Sehingga Anda dapat membeli baja ringan untuk berbagai fungsi yang dapat digunakan di rumah. Beberapa fungsi yang dapat menjadi salah satu rekomendasi adalah sebagai berikut.

  1. Pintu garasi

Pintu garasi harus terbuat dari bahan dasar yang kuat dan tentunya tahan lama. Baja ringan dapat menjadi salah satu bahan dasar pembuatan pintu garasi Anda. Pintu garasi yang terbuat dari baja ringan mudah dirawat serta aman dari gangguan hewan yang dapat merusak seperti rayap dan lain sebagainya.

Anda dapat melapisi baja ringan dengan cat yang dapat menunjang tampilan rumah Anda dengan tema yang cocok. Hal ini akan menjadikan rumah Anda semakin cantik jika memiliki warna yang senada satu sama lainnya.

  1. Kanopi

Baja ringan juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar kanopi karena memiliki tiga keunggulan kesempuranaan dimulai dari kekuatannya yang tahan lama, mudah dirawat, dan tentunya sangat cocok untuk bagian atap Anda yang menggunakan baja ringan juga. Kanopi dari baja ringan juga dapat melindungi rumah Anda dari teriknya matahari dan dinginnya hujan lho!

  1. Pagar

Pagar juga dapat dibuat dari bahan baja ringan lho. Kekuatannya serta kemudahannya dari segi perawatan tentu menjadikan baja ringan sebagai salah satu bahan terbaik. Dengan baja ringan, Anda dapat mendesain pagar sesuai keinginan serta mewarnainya sesuai tema warna serta tipe rumah Anda.

Biaya Pasang Bata Ringan

Tidak hanya cukup membeli baja ringan, Anda juga harus mengetahui bahwa pemasangan juga memerlukan biaya. Agar baja ringan terpasang dengan kuat tanpa resiko, Anda harus menggunakan tenaga profesional agar menjaga keamanan atap rumah dengan meminimalisir resiko kerusakan. Biaya baja ringan terkait dengan pemasangan ini dapat dihitung menggunakan rumus ini.

Luas Atap (LA) = panjang baja ringan x lebar baja ringan: cosinus derajat kemiringan atap rumah

Setelah menghitung rumus di atas, selanjutnya lakukan pencarian harga untuk baja ringan yang dipilih untuk atap rumah Anda. Pastikan untuk mengetahui harga baja ringan yang telah Anda pilih tersebut untuk menghitung rumus selanjutnya. Setelah itu, Anda dapat menghitung biaya pasang berdasarkan rumus di bawah ini.

Biaya pasang baja ringan = (LA x harga baja ringan per m²) + (LA x harga penutup atap per m²)

Tentunya dalam menghitung rumus diperlukan ketelitian maupun perhitungan yang matang untuk memperoleh hasil perkiraan yang paling mendekati kebenaran. Dengan rumus di atas, Anda sudah dapat mengetahui biaya baja ringan mulai dari pemasangan hingga pembeliannya bukan?

Sekian penjelasan lengkap berkaitan dengan baja ringan yang dapat menjadi salah satu bahan atap rumah terbaik bagi Anda. Mulai dari kelebihan hingga biaya baja ringan di atas dapat menjadi informasi awal yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *