japostei

Ingin Membangun Instalasi Pompa Air Di Rumah? Perhatikan Dulu Hal Ini

Membahas tentang instalasi air tentu tidak akan lepas dari yang namanya pipa paralon dan sambungan pipa untuk mengalirkan air. Sebagai salah satu faktor terpenting dalam sebuah rumah atau bangunan, instalasi air sangat harus diperhatikan. Untuk itu, perlu juga bagi Anda untuk memanajemen kebutuhan air dan membangun instalasi yang baik dengan perencanaan dan penggunaan material yang tepat.

Untuk mendapatkan suplai air bersih, rumah tangga umumnya akan mengambil air dari pengelola PAM untuk kebutuhan sehari-hari. Ada juga yang selain dengan berlangganan PAM, kebutuhan air dipenuhi secara mandiri dengan cara membuat instalasi pompa air jetpump, yang mana itu berarti memiliki sumber air sendiri.

Dibandingkan dengan menggunakan air PAM, instalasi pompa air terbilang jauh lebih murah dan mudah. Itulah mengapa ada banyak orang ingin membangunnya sendiri di rumah. Namun untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum membangunnya. Hal-hal tersebut diantaranya yaitu:

  1. Memastikan pasokan air tanah di sekitar lingkungan rumah berjalan lancar, baik pada musim hujan maupun musim kemarau.
  2. Memastikan kualitas air tanah di sekitar lingkungan rumah kondisinya bersih, tidak berbau ataupun berwarna keruh.
  3. Siapkan tempat untuk menaruh bak atau tangki penampung air di rumah. Dalam hal ini, penggunaan tangki penampung memang tidak diharuskan. Namun untuk lebih menghemat listrik dan agar mesin dapat lebih awet maka disarankan untuk memasang tangki air di rumah. Hal ini juga merupakan bentuk antisipasi listrik padam sehingga kebutuhan air dapat tetap tercukupi.

Sementara untuk pemilihan lokasi mesin jetpump, pertimbangkan luas tanah dan objek lain yang ada untuk melihat posisi yang paling tepat. Hal ini agar keberadaan saluran pipa tidak mengganggu dan juga tidak banyak sambungan pipa yang digunakan.

Jika lokasi tempat tinggal Anda berada di kawasan komplek dengan luas tanah terbatas, maka memanfaatkan ruang garasi dekat pagar bisa menjadi pilihan yang baik untuk menggali sumber air. Namun jika memang ada area terbuka di belakang rumah, maka itu akan menjadi pilihan yang lebih baik lagi. Adapun hal-hal lainnya yang juga perlu untuk Anda perhatikan antara lain:

  • Jarak antara sumur dengan tangki air, semakin dekat maka semakin bagus
  • Jarak antara sumur dengan rencana letak mesin jetpump, semakin dekat maka semakin bagus
  • Ada keleluasaan untuk mengeluarkan pipa dari dalam sumur

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam hal ini ialah pemilihan material-material yang digunakan seperti pipa paralon Rucika, paku, papan dan lainnya. Jangan lupa perhatikan juga pemilihan lem berkualitas untuk merekatkan sambungan pipa agar pengaliran air lancar dan tidak terjadi kebocoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *