japostei

Keuntungan Pakai AC Sentral di Rumah

Mendengar atau membaca kata AC sentral mungkin membuat Anda membayangkan berbagai gedung komersial bertingkat misalnya mall, perkantoran ataupun rumah sakit. Jenis AC ini memang paling banyak dipasang di berbagai jenis bangunan karena memiliki sistem kontrol yang terpusat. Namun tahukah Anda bahwa AC sentral pilihan terbaik juga bisa dipakai untuk mendinginkan ruangan rumah?

Keuntungan Pakai AC Sentral di Rumah

Dilansir dari berbagai sumber, jenis AC sentral cukup sering dipakai oleh rumah-rumah khususnya di kediaman pesisir pantai maupun wilayah yang memiliki cuaca panas sangat panjang. Lalu, apa saja alasan pendingin ruangan ini banyak diminati untuk pemasangan ruangan rumah?

Berikut keuntungan yang didapat dari pemakaian AC sentral di rumah!

  1. Tidak bising

Dikutip dari situs Near Say, menggunakan AC sentral memiliki keuntungan yakni minim suara sehingga tidak menyebabkan kebisingan. Hal ini  karena komponen utama AC misalnya kipas, kondensor dan kompresor menyatu pada unit luar yang umumnya diletakkan di luar rumah. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi para pengguna karena tidak harus merasa terganggu dengan suara bising akibat suara dari komponen mesin AC yang dinyalakan di ruangan.

  1. Mudah dioperasikan

Keunggulan AC sentral yang lain yaitu sistem kontrol yang terpusat. Dengan adanya sistem ini menjadikan proses perawatan maupun pengecekan komponen AC mudah dilakukan. Begitu juga dengan kontro waktu operasi dan suhu program. Alhasil, pengoperasian dan pengendalian AC ini cukup mudah.

  1. Tidak mengganggu estetika interior

AC jenis lain misalnya multi split biasanya diletakkan dengan menggantungnya di dalam ruangan serta di luar ruangan. Bagian yang diletakkan di dalam ruangan ini bisa saja mengganggu desain interior dari rumah Anda. Adapun jika Anda memakai AC sentral, tentunya poin ini bukan menjadi masalah. Karena, seluruh bagian AC ada di luar rumah serta udara dingin nantinya datang dari saluran di tembok rumah.

  1. Kualitas udara yang baik

Kualitas udara dari AC sentral lebih baik dari pada jenis AC yang lain. Sebab, penyaring AC sentral bisa membantu menghilangkan alergen misalnya serat, bulu hewan peliharaan, debu dan serbuk sari yang ada di dalam rumah. Dengan demikian, kualitas sirkulasi udara oleh AC sentral lebih sehat.

  1. Keselamatan pengguna

Selain kenyamanan, efisiensi baik keselamatan dan kesehatan pengguna juga menjadi alasan pemilihan AC sentral.

  1. Pengaturan yang lengkap

Desan ducting meliputi desan untuk kebutuhan filtrasi, ventilasi dan humidity.

  1. Merata

Pendistribusian udara dingin secara merata dengan satu pusat saja. Biasanya sistem ini dipakai di gedung atau mall dengan jumlah ruangan yang banyak sebab dianggap lebih efisien.

  1. lebih ekonomis

Jika dilihat dari segi biaya, AC sentral juga lebih ekonomis sebab setiap ruangan didistribusikan pendingin udara. Tidak dibutuhkan unit indoor pada setiap ruangan sehingga biayanya pun lebih terjangkau.

Nah, itulah beberapa keuntungan dari penggunaan AC sentral untuk rumah. Apakah Anda menjadi tertarik untuk menggunakannya?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *